TUJUAN PEMBELAJARAN
Proses Bisnis di Bidang TJKT
Peserta Didik diharapkan Mampu:
- Memahami Proses Bisnis pada Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
- Merencanakan Kebutuhan Bisnis kepada konsumen atau pelanggan Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
- Menganalisis Strategi Implementasi (Instalasi dan Konfigurasi Kepuasaan Pelanggan)
MATERI PEMBELAJARAN
A. Proses Bisnis pada Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Proses bisnis adalah sekumpulan aktifitas yang memang dirancang untuk menyelesaikan tujuan tertentu dalam sebuah organisasi seperti pelanggan dan pasar karakteristik nya seperti : memiliki tujuan, memiliki input tertentu, memiliki output, menggunakan sumber daya, memiliki sejumlah aktifitas yang dilakukan dalam suatu urutan, dapat mempengaruhi lebih dari satu unit organisasional, menciptakan suatu nilai untuk konsumen.
Teknologi informasi menyediakan alat dan kemampuan untuk merespon tekanan-tekanan dari berbagai kebutuhan bisnis dalam bidang Teknologi Informasi. Bisnis menghadapi tekanan untuk menghasilkan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih modern.
Komputer sendiri memiliki beberapa bagian yang berbeda, contoh sebagai berikut
- Hardware adalah komponen penting yang digunakan untuk bisa memasukan segala bentuk data kemudian disusun menjadi sebuah informasi, semua itu dapat dilakukan melalui input device dan output device.Hardware pun memiliki beberapa komponen, contohnya :a. CPUb. Memoryc. Media Penyimpanan
- Software adalah program yang mengendalikan operasi dari hardware komputer untuk melakukan proses pengubahan data menjadi informasi.Komponen yang ada dalam teknologi informasi :a. DataData adalah fakta mentah yang tidak terorganisasi.b. InformasiInformasi adalah data yang terorganisir memiliki makna.c. SystemSystem adalah komponen–komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bersamad. KomputerKomputer adalah peralatan elektronik yang beroperasi dibawah instruksi yang terkontrol dan tersimpan pada memory alat tersebut.
Ada banyak sekali proses bisnis dalam dalam bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, hal ini bertujuan untuk lebih mengembangkan kemampuan di bidang Teknologi Informasi baik oleh perusahaan ataupun perseorangan. Berikut adalah beberapa alasan proses bisnis di bidang Teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.
- Mempermudah Cara KomunikasiContohnya adalah penggunaan email sebagai sarana utama berkomunikasi antara satu orang dengan yang lainnya. Email adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga berkembang, yang memungkinkan seseorang untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
- Melalui internet, kita hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata kita. Semakin banyak pengetahuan yang kita peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang kita kelola. Selain itu kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor kita
- Manajemen DataSebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan atau yang disebut dengan database. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan.
- Sistem Informasi ManajemenSistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
- Customer Relationship ManagementPerusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkankarena data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan.
- Aktivitas Bisnis Selama 24 jamDengan adanya perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti tokooffline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.Pelaku bisnis dapat membuat Toko Online sendiri, membuat Online Shop di marketplace dan sosial media, dan lain sebagainya yang memanfaatkan Teknologi Informasi.
Sumber :
Buku Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Kelas X
0 komentar:
Post a Comment