Merencanakan Kebutuhan Pelanggan Bidang Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi
Perencanaan Bisnis merupakan sebuah dokumen atau pernyataan tertulis yang berisi gambaran bisnis, strategi bisnis, produk atau layanan di masa mendatang, dengan tujuan untuk mencapai Visi dan Misi dari Bisnis tersebut.
Manfaat dan Tujuan Perencanaan Bisnis
Manfaat :
- Dapat menyiapkan konsep bisnis, yang terdiri dari struktur, produk, layanan bisnis tersebut, sehingga dengan merencanakan bisnis dapat membuat bisnis kita semakin baik.
- Dapat menganalisa Pasar, maksudnya ialah menganalisa apa yang dibutuhkan masyarakat atau pelanggan pada saat ini.
- Dengan perencanaan bisnis kita dapat menyiapkan modal, atau mendapatkan investasi sesuai dengan kebutuhan keuangan dari bisnis tersebut.
Tujuan :
- Menetapkan Fokus pada Bisnis.
- Dapat memanfaatkan peluang potensial dan meminimalkan resiko.
- Mendapatkan Pendanaan Modal.
Komponen Perencanaan Bisnis
Komponen yang termasuk dalam Perencanaan Bisnis adalah :
- Ringkasan bisnis plan
- Deskripsi bisnis
- Deskripsi produk atau layanan
- Pernyataan misi
- Kepemimpinan
- Analisis Pasar
- Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, kekuatan)
- Rencana pemasaran
- Proyeksi keuangan
- Analisis arus kas
- Staffing
- Operasi
Analisa Kebutuhan Pelanggan
Pelanggan merupakan seorang individu atau sekelompok orang yang menjadi pembeli sebuah produk yang telah dibuat dan dipasarkan / dijual oleh perusahaan, dan biasanya pelanggan tidak hanya membeli satu kali, namun berkali-kali.
Analisa merupakan kegiatan untuk mengamati sesuatu untuk mendapatkan sebuah hasil yang penting atau dengan tujuan untuk memecahkan suatu permasalahan.
Analisa kebutuhan pelanggan digunakan untuk mengetahui kebutuhan atau prilaku konsumen atau pelanggan yaitu tepat pada hal yang dibutuhkannya. Analisa Kebutuhan Pelanggan diharapkan dapat mengetahui kebutuhan konsumen atau pelanggan, dan kita sebagai pebisnis dapat mengambil langkah yang tepat dalam memenuhi kebutuhan konsumen, seperti memproduksi sesuatu yang saat ini dibutuhkan oleh konsumen ataupun market.
Alasan Menganalisa Kebutuhan Pelanggan
- Menentukan ataupun menciptakan produk maupun jasa yang sesuai.
- Mendapatkan sebuah motivasi, untuk memproduksi barang ataupun jasa.
- Meningkatkan kualitas barang atau jasa yang kita siapkan untuk pelanggan ataupun konsumen,
- Menyusun strategi untuk market atau pasar yang digunakan untuk berbisnis.
Manfaat Analisa Kebutuhan Pelanggan
- Pebisnis dapat menciptakan Produk yang sesuai atau jasa, yang pastinya berkualitas. Karena sudah mengetahui kebutuhan pelanggan ataupun konsumen yang sudah di analisanya.
- Pebisnis mendapatkan semangat untuk berbisnis dan menjadi pebisnis yang berkualitas.
- Pebisnis dapat mengembangkan bisnis yang dijalani nya, apabila masyarakat banyak yang membeli atau menggunakan jasa yang disediakan oleh pebisnis.
- Pebisnis dapat menentukan target market yang akan dituju.
- Pebisnis dapat meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan Produk atau Jasa yang disiapkannya.
0 komentar:
Post a Comment