Secara umum informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan sejumlah data, menjalankan proses data tersebut dan menyimpan hasil dari proses data, kemudian menampilkannya kedalam bentuk informasi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE E
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna, menerapkan keamanan dalam penyambungan perangkat ke jaringan lokal dan internet, mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber baik secara manual atau otomatis dengan perkakas yang sesuai, memahami fitur lanjut, otomasi, serta integrasi aplikasi perkantoran, menerapkan strategi algoritmik standar untuk mengembangkan program komputer yang terstruktur dalam bahasa pemrograman prosedural tekstual sebagai solusi atas persoalan berbagai bidang yang mengandung data diskrit bervolume tidak kecil bergotong royong untuk menyelesaikan suatu persoalan kompleks dengan mengembangkan (merancang, mengimplementasi, memperbaiki, menguji) artefak komputasional yang bersentuhan dengan bidang lain sesuai kaidah proses rekayasa, serta mengomunikasikan rancangan produk, produk, dan prosesnya secara lisan dan tertulis, memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan intelektual, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait Informatika serta peran Informatika pada bidang lain.
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Berpikir
Komputasional (BK) |
Pada
akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik standar
untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data diskrit bervolume tidak
kecil pada kehidupan sehari-hari maupun implementasinya dalam program
komputer. |
Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) |
Pada
akhir fase E, peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara
bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan
diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di internet, serta mahir
menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan
presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten
aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan
interpretasi konten tersebut. |
Sistem Komputer (SK) |
Pada
akhir fase E, peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme
internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak,
dan pengguna. |
Jaringan Komputer dan
Internet (JKI) |
Pada
akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan konektivitas jaringan local,
komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan
nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk memproteksi data pada
saat melakukan penyambungan perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang
tersedia. |
Analisis Data (AD) |
Pada
akhir fase E, peserta didik mampu memahami aspek privasi dan keamanan data,
mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data, memodelkan data
berbagai bidang, menerapkan siklus pengolahan data (pengumpulan, pengolahan,
visualisasi, analisis, interpretasi, dan publikasi) dengan menggunakan
perkakas TIK yang sesuai, serta menerapkan strategi pengelolaan data yang
tepat guna dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya. |
Algoritma dan
Pemrograman (AP) |
Pada
akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan praktik baik konsep pemrograman
procedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu
mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi
lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat. |
Dampak Sosial Informatika
(DSI) |
Pada
akhir fase E, peserta didik mampu memahami sejarah perkembangan komputer dan
tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan intelektual, lisensi, aspek teknis,
hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, memahami berbagai
bidang studi dan profesi bidang Informatika serta peran Informatika pada
bidang lain. |
Praktika Lintas
Bidang (PLB) |
Pada
akhir fase E, peserta didik mampu bergotong royong dalam tim inklusif untuk
mengerjakan projek bertema Informatika dengan mengindentifikasi persoalan,
merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer di
dasari strategi algoritma yang sesuai dengan solusi persoalan masyarakat
serta mengomunikasikan produk, proses pengembangan dan manfaatnya bagi
masyarakat secara lisan maupun tertulis. |
0 komentar:
Post a Comment