CROSSCOL

ISI CROSSCOL

Monday, July 20, 2020

ETIKA MENGIRIM PESAN KEPADA GURU/DOSEN



Dimana pun dan kapanpun etika dan akhlak harus dijaga dalam kehidupan manusia, khususnya bagi kita yang menjadi pelajar di sebuah lembaga pendidikan. Etika ini banyak dan macam-macam, termasuk ketika mengirim pesan kepada guru atau dosen yang membimbing kita. Tidak sedikit mahasiswa atau murid yang tidak tahu bagaimana cara mengirim pesan yang sopan. Akibatnya sms tersebut tidak dijawab atau didiamkan atau bahkan bisa jadi membuat dosen kita kesal dan tersinggung. 

Mungkin karena seringnya kita SMS ke temen-temen, giliran kirim pesan ke guru/dosen kayak sms ke sesama siswa atau temen dekat. Alhasil pesan yang kita kirimkan terkesan tidak sopan dan kurang beretika. Ingat, seseorang yang beretika baik, akan dipandang hormat oleh orang lain, begitupun sebaliknya.


Tips Mengirim Pesan Yang Sopan:

1.  SALAM & SAPA
Awali pesan singkat dengan memberi salam seperti "Assalamu’alaikum", ditulis lengkap lebih baik. Jangan sampai kita belum pernah mengirim pesan ke seorang guru/dosen tiba-tiba langsung menyampaikan keperluan, jadi terkesan kasar dan tidak beretika sebagai seorang muslim. Selain itu salam berpahala juga kan :)

Selain salam, sapalah guru/dosen kita dengan sopan. Meski guru/dosen kita terlihat ramah, dekat dengan siapa saja, dan bahkan gaul, tetap disarankan menggunakan bahasa formal, menggunakan sapaan yang sopan seperti "Bapak", atau namanya misalnya "Pak Surya", atau "Bu Dewi".

Contoh benar:
[v] Assalamualaikum Bu Dewi
[v] Selamat Pagi Pak Surya

Salah:
[x] Pagi Pak/Mas Broo...
[x] Selamat Pagi Miss May yang cuannntikkk,,,

Terkadang pesan kita bisa kita bubuhi dengan kerendahan hati kita seperti "maaf"


2. SEBUTKAN IDENTITAS DIRI
Handphone guru/dosen kita bukanlah komputer atau buku registrasi yang menyimpan semua nama mahasiswanya, tak terkecuali nama kita. Jadi, pastikan untuk memperkenalkan diri dengan sopan.

Contoh benar:
[v] Pagi Bu Dewi, maaf mengganggu. Saya Mentari Nawadhita salah satu siswa XI TKJ 1.
[v] Assalamualaikum Pak Surya, Maaf sebelumnya, ini saya Lintang Sholih, mahasiswa semester 7 dari Prodi TI B.

Salah:
[x] Assalamualaikum Pak Sendy, maaf sebelumnya, coba tebak ini siapa...?
[x] Pagi Bu, ibu ada di mana sekarang? Hari ini ke sekolahan gak bu?”
[x] Ibu Intan posisi dimana? saya sudah di kelas dari tadi...

Perlu diingat, guru/dosen tidak selalu menyimpan nomor setiap pesan yang masuk. Jika Anda telah mengirim pesan misalnya seminggu yang lalu, kemudian ada keperluan lagi, tetap perkenalkan diri Anda, supaya mereka tidak bingung mengingat kembali.


3. UTARAKAN MAKSUD DAN KEPERLUAN
Jelaskan keperluan Anda dengan singkat, jelas dan sopan. Hindari kata-kata yang tidak tegas dan bertele-tele. Juga jangan menggunakan kalimat yang bernada memerintah. Ingat, guru/dosen itu rata-rata lebih tua atau lebih berwawasan secara akademik. Jika membuat janji bertemu, langsung tanyakan jam dan tempatnya.

Contoh benar:
[v] Assalamualaikum Pak Sari, Maaf sebelumnya, ini saya Ahmad Bayu, mahasiswa semester 7 Prodi PS B. Saya ingin mendapatkan bimbingan dengan Bapak. Kira-kira kapan Bapak ada waktu luang sehingga saya bisa menemui Bapak?. Terus sebaiknya ketemu di mana ya Pak? Terimakasih
[v] Assalamualaikum pak, saya Ratna mahasiswa PBA IPMAFA semester 7. Maaf pak saya mau menanyakan apakah besok bapak ada waktu untuk bimbingan skripsi? Terima Kasih
[v] Assalamualaikum, Bu saya Ali Mahmudi dari kelas PBA 2 A. Maaf, jika diperbolehkan saya hendak minta slide matakuliah Bahasa Arab yang Ibu sampaikan kemarin untuk saya buat bahan belajar, dimana saya bisa mendapatkannya Bu? Terimakasih.

Salah:
[x] Siang Pak, ini Bayu, mahasiswa bimbingan Bapak. Mau minta bimbingan nih!. Bapak kapan sempat? Bapak ke kampus sekarang yah kalo bisa.
[x] Bu saya Ali dari kelas PBA2 A. Boleh minta slide kuliah gak bu? Kirimin via gmail aja ya bu, kita butuh buat belajar, makasih…
[x] Bu…., tolong dikoreksi ya bu makulnya, saya pengen cepat tahu nih nilainya....trims.


4. GUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR
Ketika mengirim pesan, periksalah dahulu kata-kata Anda. Perhatikan tanda baca. Sebaiknya tidak menyingkat pesan karena mau menghemat pulsa atau terburu-buru. Dan ingat, jangan menggunakan bahasa yang alay/gaul/slank dsb. Bagi mahasiswa, tulisan 4L4y mungkin lucu dan menarik, tapi bagi guru/dosen, tentu butuh waktu khusus untuk mencerna tulisan anda. Jagalah kesan yang baik di mata guru/dosen kita.

Salah:
[x] SoRe bu..ApA be5ok 4da m4t4kul!ah Ga’ ea...?
[x] Wah pagi AQ g' bisa e bu, Sore 'ja ya bU...?”


5. PERHATIKAN WAKTU PENGIRIMAN PESAN
Dalam mengirim pesan, perlu juga kita perhatikan jam istirahat guru/dosen kita, jangan terlalu malam atau kepagian. Kirimlah pesan pada saat hari dan jam kerja. Kalau guru/dosen kita mengajar hari Ahad, misalnya. Maka, pesan hari sabtu-minggu masih dalam batas kewajaran.


6. UCAPKAN TERIMAKASIH
Jangan lupa ucapkan terima kasih untuk mengakhiri pesan.


Demikian tips mengirim pesan pada guru/dosen kita, semoga bermanfaat :-)

1 comment: