CROSSCOL

ISI CROSSCOL

Thursday, April 9, 2020

FILE SERVER



Pengertian File Server
File Server adalah sebuah komputer terpasang ke jaringan yang memiliki tujuan utama menyediakan lokasi untuk akses disk berbagi, yaitu berbagi penyimpanan file computer (seperti dokumen, file suara, foto, video/film, gambar, database, dan lain-lain) yang dapat di akses oleh workstation yang melekat pada jaringan computer. File server biasanya ditemukan di sekolah-sekolah dan kantor-kantor dan jarang terlihat di penyedia layanan internet local dengan menggunakan LAN untuk menghubungkan computer client kita. File server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi di antara node/komponen dalam suatu jaringan. Terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks,file server juga harus menyimpan informasi dan membaginya secara cepat.


Macam-Macam File Server

Samba
Samba adalah protocol file sharing untuk menyaingi protocol yang telah ada yakni Novell`s IPX-Based. Samba server dapat mengganti posisi Novell server tanpa harus mengubah infrastruktur dari jaringan.

FTP Server
File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protocol yang berfungsi intuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar-menukar file di mana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah komnputer yang me-request koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file.


Tujuan File Server
  • Untuk tujuan sharing data
  • Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
  • Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
  • Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.


Keuntungan File server
Fungsi dan manfaat file server adalah hematnya penggunaan resources atau sumber daya, khusunya media penyimpanan. Berbagi resource dalam jaringan untuk keperluan bersama seperti misalnya printer atau data dapat meningkatkan efektifitas kerja.

Cara Kerja File Server
File server biasanya menyediakan ruang untuk menyimpan dan mengambil dokumen sesuai kebutuhan. Sebuah file server sederhana dapat menjadi komputer biasa menyimpan file dan mengirimkannya melalui jaringan ketika diminta. File server dapat menjadi jaringan khusus attached storage (NAS) system yang berfungsi sebagai remote hard drive untuk computer lain.

Manfaat File Server
Manfaat utama dari file server adalah bahwa ia menyediakan ruang untuk menyimpan file. Beberapa file server bertindak sebagai repository atau cadanagan untuk data dalam sebuah perusahaan sementara yang lain bertindak sebagai tempat penyimpanan untuk streaming media melalui jaringan. File server juga menyediakan keamanan tambahan untuk file data penting.


Implementasi File Server
Sistem file server banyak digunakan di berbagai bidang, contohnya:
  • Bidang Industri. File server digunakan sebagai pusat sharing file seperti grand design dari sebuah produk sharing file.
  • Bidang Perkantoran. File server digunakan untuk mengatur lalu lintas file yang digunakan atau di share antara satu pihak ke pihak lain sesuai hak aksesnya.
  • Bidang Pustaka. File server yang digunakan untuk direktori file yang dapat dilihat maupun maupun di download oleh pengguna.



Aplikasi File Server Samba
Salah satu program yang mampu digunakan untuk menjembatani antara computer platfrorm windows dengan komputer platfrorm Linux yang cukup terkenal adalah Samba. Samba server untuk melayani permintaan pertukaran data antara mesin MS.windows dan Linux, samba juga di gunakan di system opersi Linux untuk melayani pemakaian data secara bersama-sama.

Dengan menggunakan program samba, maka tentunya dapat membuat mengkonfigurasi computer srerver dengan sejumlah client yang menggunakan system operasi windows dengan memiliki layanan:
  • File dan printer yang dapat di-share
  • Membantu pemakaian dari software browsing di jaringan neighborhood
  • Memberikan kepada masing-masing penggunan atau client autentikasi pada saaat login pada domain dan jaringan
  • Membantu serta memberikan name server resolution
  • Program samba biasanya dijalankan sebagai sebuah Deamon. Terdapat 2 aplikasi inti pada Daemon tersebut, di antaranya yaitu:


NMBD yaitu daemon yang menggunkan Wins yang dapat di gunkan untuk membantu setiap klien guna melakukan browsing pada jaringan neighbourhood.

SMBD yaitu sebuah Daemon yang memiliki layanan berbagai pakai printer dan file pada sebuah jaringan yang memakai protocol SMB.










0 komentar:

Post a Comment